Minggu, 10 Januari 2021

Kekuatan Silaturahmi


Malam ini tanggal 8 Januari 2021 saya mengikuti kuliah on line melalui whatsapp group belajar menulis gelombang 17. Nara sumber malam ini diisi oleh ibu Sri Sugiastuti, M.Pd. Yang sering dipanggil Ibu kanjeng. Moderatornya Ibu Aam Nurhasanah.
Pemaparan Ibu kanjeng mengenai silaturahmi telah mengubah pandangan saya mengenai silaturahmi. selama ini saya punya pandangan lain. Suami saya adalah orang yang paling senang bersilaturahmi. Kadang dari hobinya bersilaturahmi timbul pertengkaran kecil di keluarga kami. Bagi saya kegiatan  bersilaturahmi hanya menghabiskan waktu.  Ketika saya tanyakan kepada suami apa manfaatnya. Dia akan menjawab dengan antusiasnya. Silaturahmi adalah tempat curhat. 
Yah tempat curhat. Bagi saya bukan tempat curhat tapi tempat ngerumpi. Tempat menggosip. Tempat ngomongin kejelekan orang. Setelah saya merenung. Ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari bersilaturahmi. Dari bersilaturahmi ada kerukunan. Ada kebagiaan yang saya lihat di wajah - wajah mereka. 
Saya ingat ketika ustadz saya mengajar di musholla. Silaturahmi memperluas rejeki dan memanjangkan umur. Maka jika ingin luas rizkinya dan panjang umurnya harus sering - sering bersilaturahmi. Hal ini baru saya sadari. Ketika saya bersilaturahmi  dengan teman - teman  di dunia maya. Banyak ilmu yang saya dapatkan. Banyak cerita  yang bisa di ambil hikmahnya.
Menulis dengan kekuatan silaturahmi dapat dilakukan oleh penulis. Hal ini sudah dibuktikan oleh Ibu Kanjeng. Buku Ibu kanjeng yang berjudul catatan Motivasi dan Literasi Bu Kanjeng. Dalam buku ini berisi sebagian  tentang motivasi. Buku ini  mengajak Ibu Kanjeng  sendiri untuk mengajak menjadi manusia yang bermanfaat.  Hal ini terbukti di sinopsis buku mengutip kalimat bijak yang di tulis Ki Hajar Dewantara. Apapun yang dilakukan seseorang itu hendaknya bermanfaat bagi dirinya bermanfaat bagi bangsanya bermanfaat bagi manusia pada umumnya. Buku ini merupakan kumpulan tulisan Bu Kanjeng di dalam blog.
The Stories of Wonder Women. Buku Ibu  Kanjeng mengenai kisah - kisah wanita hebat. Buku ini juga terbit dari dahsyatnya silaturahmi. Buku ini berisi 25 kisah perempuan tangguh dalam perjuangannya menghadapi lika liku kehidupan. Buku ini  terinspirasi  dari mendengarkan kisah ibu yang mendapatkan ujian dari Allah dan bagaimana mereka menyelesaikan masalah.  Bu kanjeng sering duduk di majlis taklim. Membaca hadist.  Membaca kitab riyadus sholihin. Kegiatan ini adalah bentuk silaturahmi yang dilakukan  oleh Ibu Kanjeng. Dalam menghadapi ujian yang diberikan Allah swt terdapat  respon yang berbeda - beda. Ada yang arogan, menyesali diri, hilang ingatan. Ada yang menghadapi ujian dengan bertahan dan berjuang dengan  mendekatkan diri kepada Allah swt. 
Ibu koruptor, salah satu kisah seorang ibu menjaga suaminya yang harus masuk penjara selama 6 bulan. Selama suaminya  di penjara banyak harta yang harus dikeluarkan untuk membayar pengacara. Begitupun jika ingin mengunjungi suaminya di penjara harus membayar mahal. Sehingga hartanya habis. Dulu kehidupan ibu ini menjadi sosialita yang bertaburan dengan harta. Harta ibu ini habis karena menjaga kehidupan suaminya.
Buku wow english is so easy kids Buku ini diterbikan ketika Ibu Kanjeng mengikuti 3 kali diklat. buku ini adalah buku pengayaan. buku diperuntukkan bagi pemula yang ingin belajar bahasa inggris. Buku ini untuk Siswa sekolah dasar sebagai penunjang. Buku ini terdiri dari 70 unit.
Buku Catatan Corona Bu Kanjeng, Buku ini merupakan  34 tulisan di dalam blog Bu Kanjeng. Buku ini menceritakan bagaimana menghadapi situasi di tengah wabah covid 19 namun dengan kondisi tetap stabil. Kisah dalam buku ini adalah kisah nyata yang di fiksikan.
Silaturahmi telah mengajarkan kepada kita agar dapat peka dengan kehidupan sekitar. Menumbuhkan kepedulian sosial.  Ternyata kita adalah manusia yang beruntung. Diluar sana banyak saudara kita hidupnya tidak seberuntung kita. Silaturahmi mendatangkan rasa ketenangan hati. Dengan silaturahmi menumbuhkan rasa sukur kepada Allah swt. Silaturahmi bisa menjadi terapi obat stress kala kita merasakan hati gundah dengan berkomunikasi dengan saudara kita. Dengan silaturahmi persaudaraan kita akan semakin erat sehingga tercipta hidup rukun dan tentram. Semua yang kita jalani di dunia ini bersama saudara dapat kita tuangkan dalam bentuk tulisan. Inilah kekuatan silaturahmi yang begitu dahsyatnya.





 

9 komentar:

Cara Membuat Naskah yang Dapat Menembus Penerbit Mayor

Hari ini Rabu, tanggal 28 April 2021 pukul 13.00. Saya mengikuti kuliah online melalui WA grup belajar menulis grup gelombanng 18. Sebagai n...